Pages

Monday, May 2, 2011

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Part 2.

Jenis-Jenis PLTA
1. Berdasarkan Tinggi Terjun PLTA
a.    PLTA jenis terusan air (water way)
Adalah pusat listrik yang mempunyai tempat ambil air (intake) di hulu sungai dan mengalirkan air ke hilir melalui terusan air dengan kemiringan (gradient) yang agak kecil. Tenaga listrik dibangkitkan dengan cara memanfaatkan tinggi terjun dan kemiringan sungai.

b.    PLTA jenis DAM /bendungan
Adalah pembangkit listrik dengan bendungan yang melintang disungai, pembuatan bendungan ini dimaksudkan untuk menaikkan permukaan air dibagian hulu sungai guna membangkitkan energi potensial yang lebih besar sebagai pembangkit listrik
 
c.        PLTA jenis terusan dan DAM (campuran)
Adalah pusat listrik yang menggunakan gabungan dari dua jenis sebelumnya, jadi energi potensial yang diperoleh dari bendungan dan terusan.


2. PLTA Berdasarkan Aliran Sungai
a.    PLTA jenis aliran sungai langsung (run of river)
Banyak dipakai dalam PLTA saluran air/terusan, jenis ini membangkitkan listrik dengan memanfaatkan aliran sungai itu sendiri secara alamiah.

b.    PLTA dengan kolam pengatur (regulatoring pond)
Mengatur aliran sungai setiap hari atau setiap minggu dengan menggunakan kolam pengatur yang dibangun melintang sungai dan membangkitkan listrik sesuai dengan beban. Disamping itu juga dibangun kolam pengatur di hilir untuk dipakai pada waktu beban puncak (peaking power plant) dengan suatu waduk yang mempunyai kapasitas besar yang akan mengatur perubahan air pada waktu beban puncak sehingga energi yang dihasilkan lebih maksimal.

c.    Pusat listrik jenis waduk (reservoir)
       Dibuat dengan cara membangun suatu waduk yang melintang sungai, sehingga terbentuk seperti danau buatan, atau dapat dibuat dari danau asli sebagai penampung air hujan sebagai cadangan untuk musim kemarau.

d.       PLTA Jenis Pompa (pumped storage)
Adalah jenis PLTA yang memanfaatkan tenaga listrik yang berlebihan ketika musim hujan atau pada saat pemakaian tenaga listrik berkurang saat tengah malam, pada waktu ini sebagian turbin berfungsi sebagai pompa untuk memompa air yang di hilir ke hulu, jadi pembangkit ini memanfaatkan kembali air yang dipakai saat beban puncak dan dipompa ke atas lagi saat beban puncak terlewati. Salah satu tujuan utama PLTA jenis ini adalah membangkitkan energy listrik dengan harga minimum dan menjualnya saat harga maksimum. 


e.      PLTA Hydroseries
Konsep PLTA ini adalah dengan memanfaatkan aliran sungai yang panjang dan deras dari ketinggian tertentu. Dimana sepanjang aliran sungai terdapat lebih dari satu bendungan yang diseri pada ketinggian tertentu untuk menghasilkan energy listrik yang lebih optimal. Selain itu manfaat lain dari PLTA Hydroseries adalah untuk mengantisipasi aliran sungai yang sangat deras sehingga dengan adanya Hydroseries dapat menghambat laju aliran air menjadi lebih terkontrol. 


PLTA terbesar didunia saat ini adalah PLTA Three Gorges atau "Tiga Ngarai" yang terdapat di China dengan kapasitas pembangkitan sebesar 22.400 MW yang mana daya tersebut memasok sekitar 10 % dari seluruh kebutuhan energi listrik di China. Berikut ini adalah gambar PLTA Three Gorges.


Berikut ini adalah 10 PLTA terbesar di dunia
  1. Bendungan Tiga Ngarai (Three Gorges Dam), terletak di provinsi Hubei, Cina. Jika semua selesai di 2011 dapat menghasilkan listrik sebesar 25.615 mega watt, cukup untuk menerangi seluruh indonesia saat ini. Luas waduknya sekitar hampir sepertiga luas danau Toba, atau sekitar 632 km persegi.
  2. Itaipu di Brazil dengan kapasitas 14.000 MW dengan luas waduk 1.350 km persegi
  3. Guri (Simón Bolívar) di Venezuela dengan kapasitas 10.200 MV dengan luas waduk 4.250 km2
  4. Tucuruí di Brazil dengan kapasitas terpasang 8.370 MV dengan luas waduk 3.014 km2
  5. Grand Coulee di Amerika dengan kapasitas terpasang 6.809 MV
  6. Sayano Shushenskaya di Rusia, dengan kapasitas listrik 6.400 MV
  7. Longtan Dam di Cina dengan kapasitas terpasang 6.300 MV
  8. Krasnoyarskaya di Rusia, dengan kapasitas 6.000 MV
  9. Robert-Bourassa di Kanada dengan kapasitas 5.516 MV
  10. Churchill Falls di Kanada dengan kapasitas terpasang 5.429 MV




 Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Pembangkit_listrik_tenaga_air
  2. http://mohab.wordpress.com/2008/03/01/bagaimana-plta-bekerja/
  3. http://psstla.blogspot.com/2007/03/plta-pembangkit-listrik-tenaga-air.html
  4. agungchynta.files.wordpress.com/2007/.../pemanfaatan-tenaga-air.doc
  5. http://www.alpensteel.com/article/50-104-energi-sungai-pltmh--micro-hydro-power/169--pelaksanaan-turbin-air.html 
  6. http://exercise.0fees.net/?p=239

No comments:

Post a Comment