Pages

Thursday, April 5, 2012

Permasalahan Faktor Daya dan Harmonis (Part 1)

Beban-beban listrik seperti motor induksi, trafo daya, dan beban konverter lain menarik arus magnetisasi dari jaringan sistem tenaga listrik sehingga mengakibatkan berkurangnya faktor daya dan membutuhkan daya reaktif yang relatif besar. Hal ini akan sangat merugikan, antara lain :

a.       Perbedaan tegangan listrik pada kondisi beban ringan dan beban  penuh relatif besar, berarti pengaturan tegangan menjadi tidak bagus.
b.       Memerlukan kapasitas daya terpasang yang besar akibat pemakaian daya reaktif yang besar.
c.        Menurunnya faktor daya akan menambah besar arus yang melalui   peralatan seperti trafo sehingga efisiensi peralatan akan menurun.

         Menurunnya kapasitas penyaluran daya dari penghantar. Umumnya kapasitas penyaluran daya dari suatu penghantar ditentukan oleh besarnya arus yang mengalir pada penghantar tersebut. Bila faktor daya menurun untuk suatu harga daya aktif yang sama, maka arus yang mengalir pada penghantar juga besar, sedangkan kapasitas pengaliran arus dari penghantar tersebut tetap. 

Pengaruh Harmonisa 
          Secara garis besar efek harmonisa pada sistem tergantung pada sumber harmonisa, letak sumber hamonisa dan karakteristik jaringan. Di bawah ini dijelaskan beberapa pengaruh harmonisa yang dominan pada sistem tenaga listrik.
1. Resonansi
2. Pengaruh pada Mesin-mesin Berputar
3. Pengaruh pada Saluran Transmisi
4. Pengaruh Pada Transformator
5. Pengaruh Pada Kapasitor Bank
6. Pengaruh Pada rele Pengaman,

No comments:

Post a Comment